Rabu, 24 November 2010

Tips & Trik Cara Mengoptimalkan Mozilla Firefox Anda.

Semua orang tahu bahwa open-source browser terbaik adalah Mozilla Firefox.
Jika di tambahkan beberapa Add-ons, ini akan membuat performa Mozilla Firefox menjadi lebih baik.
Di sini di tampilkan tips & trik mengoptimalkan Mozilla Firefox anda.

1) Membuat space layar lebih luas. Buatlah ikon Anda jadi kecil. pergi ke View - Toolbars - Customize dan centang di kotak"Use small icons" .

2) Smart keyword/kata kunci pintar. Jika ada pencarian Anda menggunakan kata banyak (misalnya di search box-nya situs amazon.com '), ini adalah sebuah alat yang mengagumkan yang tidak banyak orang menggunakannya. Klik kanan pada kotak pencarian situs tersebut, pilih "Add a Keyword for this search", berikan nama pada kata kunci dan mudah untuk mengetik dan mudah mengingat nama shortcut (misalnya "film") dan menyimpannya. Sekarang, ketika Anda ingin melakukan pencarian film, pergi ke address bar Firefox, ketik "film" dan nama film dan tekan ENTER. Cari Instan! Anda dapat melakukan ini dengan semua kotak pencarian.

3) Keyboard shortcut. Hanya membutuhkan sedikit waktu untuk belajar ini, tapi begitu Anda lakukan, browsing Anda akan super cepat. Berikut adalah beberapa yang paling umum (dan favorit bagi saya pribadi ):
  • Spasi (halaman ke bawah)
  • Shift-Spasi (halaman atas)
  • Ctrl + F (find)
  • Alt-N (find next)
  • Ctrl + D (bookmark halaman)
  • Ctrl + T (tab baru)
  • Ctrl + K (pergi ke kotak pencarian)
  • Ctrl + L (pergi ke addres bar)
  • Ctrl + = (perbesar ukuran teks)
  • Ctrl + - (perkecil ukuran teks)
  • Ctrl-W (tutup tab)
  • F5 (reload)
  • Alt-Home (pergi ke homepage/halaman utama)
4) Auto-complete. Ini adalah satu lagi cara pintas keyboard, yang kurang dikenal tapi sangat berguna. Pergi ke address bar (Control-L) dan ketik nama situs tersebut tanpa "www" atau "com".. Misalnya "google". Lalu tekan Control-Enter, dan akan secara otomatis mengisi "www" dan "com". Dan membawa Anda ke sana - seperti sihir! Untuk alamat .net, tekan Shift-Enter, dan untuk alamat .org, Tekan Control-Shift-Enter.

5) Tab navigasi. Daripada menggunakan mouse untuk memilih tab yang berbeda yang yang telah terbuka, gunakan keyboard. Berikut adalah cara pintas:
  • Ctrl + Tab (bergerak maju di antara tab)
  • Shft + Ctrl + Tab (bergerak ke tab sebelumnya)
  • Ctrl + 1-9 (memilih nomor ke melompat ke tab spesifik)
6) Mouse shortcut. Kadang-kadang Anda telah menggunakan mouse anda dan lebih mudah untuk menggunakan cara pintas mouse daripada kembali ke keyboard. Master yang keren ini:
  • Klik tengah pada link (buka link di tab baru)
  • Shift-gulir ke bawah (halaman sebelumnya)
  • Shift-gulir ke atas (halaman berikutnya)
  • Ctrl-gulir ke atas (perkecil ukuran teks)
  • Ctrl-gulir kebawah (perbesar ukuran teks)
  • Tengah klik pada tab (menutup tab)
7) Hapus item dari address bar history. Firefox punya kemampuan untuk secara otomatis menampilkan URL sebelumnya yang dikunjungi, yang anda ketik, dalam history menu drop-down address bar adalah sangat cool. Tapi kadang-kadang Anda hanya tidak ingin semua URL yang muncul (saya tidak akan bertanya mengapa). Pergi ke address bar (Ctrl-L), mulai mengetik alamat, dan menu drop-down akan muncul dengan URL halaman yang dikunjungi dengan kata-kata di dalamnya. Gunakan panah bawah untuk pergi ke alamat yang ingin Anda hapus, lalu tekan tombol Delete untuk membuatnya menghilang.

8) User chrome. Jika Anda benar-benar ingin mengelabui Firefox, Anda akan ingin membuat userChrome.css file dan menyesuaikan browser Anda. Ini agak rumit untuk masuk ke sini, tapi lihat tutorial ini .

9) Buat file user.js . Cara lain untuk menkostumisasi Firefox, membuat file user.js benar-benar bisa mempercepat browsing Anda. Anda harus membuat file teks dalam folder bernama user.js profil Anda (lihat ini untuk mencari tahu di mana folder profile) dan melihat ini contoh file user.js yang dapat Anda modifikasi. Dibuat oleh techlifeweb.com, contoh ini menjelaskan beberapa hal yang dapat Anda lakukan dalam komentar nya.

10) about:config. Alat pengguna power sejati, about:config, Anda bisa mendapatkan ke layar konfigurasi utama dengan menempatkan "about:config" di address bar browser. Lihat Mozillazine's about: config tips dan screenshot .

11) Tambahkan kata kunci untuk bookmark. Pergi ke bookmark Anda jauh lebih cepat dengan memberikan kata kunci. Klik kanan di bookmark dan kemudian pilih Properties. Masukkan kata kunci singkat di bidang kata kunci, simpan, dan sekarang Anda bisa mengetik kata kunci tersebut di address bar dan akan pergi kebookmark itu.

12) Mempercepat/Speed up Firefox. Jika Anda memiliki koneksi broadband (dan kebanyakan dari kita lakukan), Anda dapat menggunakan pipelining untuk mempercepat load halaman Anda. Hal ini memungkinkan Firefox untuk memuat beberapa hal pada halaman sekaligus, bukan satu per satu (secara default, ini dioptimalkan untuk koneksi dialup). Begini caranya Lihat artikel yang lalu cara menggunakan pipelining untuk mempercepat firefox

13) Batas penggunaan RAM. Jika Firefox memakan terlalu banyak memori pada komputer Anda, Anda dapat membatasi jumlah RAM itu diperbolehkan untuk kita. Sekali lagi, pergi ke about:config, filter "browser.cache" dan pilih "browser.cache.disk.capacity". Ini diatur ke 50000, tapi Anda dapat menurunkan itu, tergantung pada berapa banyak memori yang Anda miliki. Cobalah 15.000 jika Anda memiliki antara 512MB dan 1GB ram.

14) Mengurangi penggunaan RAM lebih lanjut untuk Firefox saat diminimalkan. Pengaturan ini akan bergerak Firefox ke hard drive Anda bila Anda meminimalkan itu, mengambil memori lebih sedikit. Dan tidak ada perbedaan nyata dalam kecepatan ketika Anda mengembalikan Firefox, jadi pasti layak pergi. Sekali lagi, pergi ke about:config, klik kanan di mana saja dan pilih New-> Boolean. Nama itu "config.trim_on_minimize" dan set ke TRUE. Anda harus me-restart Firefox untuk pengaturan ini akan diterapkan.

15) Pindahkan atau menghapus tombol Close tab. Apakah Anda pernah tidak sengaja klik tombol close tab Firefox? Anda dapat memindahkan itu atau menghapusnya, sekali lagi melalui about:config. Edit preferensi untuk "browser.tabs.closeButtons". Berikut adalah arti dari setiap nilai:
  • 0: Tampilkan tombol close pada tab aktif hanya
  • 1: (Default) Tampilan tombol close pada semua tab
  • 2: Jangan menampilkan tombol close apapun
  • 3: Menampilkan tombol close tunggal pada akhir tab bar (Firefox 1.x perilaku)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar